Manfaat Melengkapi Creatine

November 26, 2019 Health  No comments

Apa itu creatine?
Creatine adalah asam amino (asam amino adalah bahan penyusun protein) yang dibuat di dalam tubuh oleh hati dan ginjal, dan berasal dari makanan melalui daging dan produk hewani. Creatine (creatine monohydrate) adalah zat kristal tidak berwarna yang digunakan dalam jaringan otot untuk produksi fosfokreatin, faktor penting dalam pembentukan adenosin trifosfat (ATP), sumber energi untuk kontraksi otot dan banyak fungsi lainnya dalam tubuh.

Apa yang biasanya dilakukan kreatin dalam tubuh?
Di dalam tubuh, creatine diubah menjadi molekul yang disebut “phosphocreatine” yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi cepat. Phosphocreatine sangat penting dalam jaringan seperti otot sukarela dan sistem saraf yang secara berkala membutuhkan energi dalam jumlah besar.

Mengapa atlet mengambil creatine?
Penelitian telah menunjukkan bahwa kreatin dapat meningkatkan kinerja atlet dalam kegiatan yang membutuhkan ledakan energi cepat, seperti berlari, dan dapat membantu atlet pulih lebih cepat setelah mengeluarkan banyak energi. Creatine adalah yang terbaik untuk binaragawan yang serius. Ini membantu meningkatkan massa otot, daripada ketahanan otot, sehingga tidak cocok untuk atlet yang berpartisipasi dalam kegiatan ketahanan. Namun, peningkatan massa otot mungkin karena retensi air dan bukan peningkatan jaringan otot.

Mengapa saya telah mendengar begitu banyak tentang gangguan kreatin dan neuromuskuler?
Dua studi ilmiah telah mengindikasikan bahwa creatine mungkin bermanfaat untuk gangguan neuromuskuler. Pertama, sebuah studi oleh peneliti yang didanai MDA M. Flint Beal dari Cornell University Medical Center menunjukkan bahwa creatine dua kali lebih efektif daripada obat resep riluzole dalam memperpanjang kehidupan tikus dengan penyakit saraf degeneratif amyotrophic lateral sclerosis (ALS, atau Lou Gehrig’s penyakit). Kedua, sebuah penelitian oleh peneliti Kanada Mark Tarnopolsky dan Joan Martin dari McMaster University Medical Center di Ontario menemukan bahwa creatine dapat menyebabkan peningkatan kekuatan secara moderat pada orang dengan berbagai kelainan neuromuskuler. Karya Beal diterbitkan dalam Nature Neuroscience edisi Maret 1999 dan makalah kedua diterbitkan dalam Neurology edisi Maret 1999.

Saya ingin mulai mengambil creatine – apakah aman?
Untuk sebagian besar, atlet tidak mengalami efek samping yang merugikan dari penggunaan creatine, meskipun baru-baru ini ada beberapa laporan kerusakan ginjal terkait dengan penggunaan creatine. Tidak ada toksisitas yang konsisten telah dilaporkan dalam studi suplementasi kreatin. Dehidrasi juga dilaporkan menjadi masalah saat mengonsumsi kreatin.

Atlet umumnya mengambil “dosis pemuatan” 20 gram creatine sehari selama lima atau enam hari, kemudian melanjutkan dengan “dosis pemeliharaan” 2 hingga 5 gram creatine sehari sesudahnya.

Apa efek sampingnya?
Sedikit yang diketahui tentang efek samping jangka panjang dari kreatin, tetapi tidak ada toksisitas yang konsisten yang telah dilaporkan dalam studi tentang suplementasi kreatin. Dalam sebuah studi efek samping kreatin, diare adalah efek samping paling umum yang dilaporkan dari suplementasi kreatin, diikuti oleh kram otot.18 Beberapa laporan menunjukkan bahwa fungsi ginjal, hati, dan darah tidak terpengaruh oleh jumlah jangka pendek yang lebih tinggi atau lama. Istilah jumlah suplemen creatine yang lebih rendah pada dewasa muda yang sehat. Dalam sebuah studi kecil orang yang mengonsumsi 5-30 gram per hari, tidak ada perubahan fungsi ginjal yang muncul setelah suplementasi hingga lima tahun. Kram otot setelah suplementasi kreatin telah dilaporkan secara anekdot dalam beberapa penelitian.

Manfaat
• meningkatkan kinerja atletik
• meningkatkan massa otot
• bermanfaat untuk gangguan otot

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>